Ini 7 Perbedaan Asuransi Syariah Dengan Asuransi Konvensional

by al assy arry
0 comment

Perbedaan Asuransi Syariah Dengan Konvensional – Dikalanga masyarakat masih banyak sekali yang ragu dengan kehalalan asuransi syariah. Padahal dibandingkan dengan asuransi konvensional, asuransi syariah memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan asuransi konvensional.

Nah apa saja perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional? Berikut ketujuh perbedaannya:

  1. Akad (perjanjian) pada asuransi syariah berdasarkan tolong menolong. Sedangkan asuransi konvensional berdasarkan jual beli.
  2. Kepemilikan dana pada asuransi syariah merupakan hak peserta. Perusahaan hanya sebagai pemegang amanah untuk mengelolanya. Sedangkan pada asuransi konvensional, dana yang terkumpul dari nasabah (premi) menjadi milik perusahaan. Sehingga, perusahaan bebas menentukan alokasi investasinya.
  3. Investasi dana pada asuransi syariah berdasarkan bagi hasil (mudharabah). Sedangkan pada asuransi konvensional memakai bunga (riba) sebagai landasan perhitungan investasinya.
  4. Asuransi syariah tidak mengenal dana hangus dalam mekanismenya. Jika pada masa kontrak peserta tidak dapat melanjutkan pembayaran premi dan ingin mengundurkan diri sebelum masa reversing period, maka dana yang dimasukkan dapat diambil kembali. Kecuali sebagian dana kecil yang telah diniatkan untuk tabarru (sumbangan/derma). Sedangkan asuransi konvensional menerapkan kebijakan dana hangus bagi mereka yang tidak mampu melanjutkan.pembayaran premi.
  5. Pembayaran klaim pada asuransi syariah diambil dari dana tabarru (dana kebajikan) seluruh peserta yang sejak awal telah diikhlaskan bahwa ada penyisihan dana yang akan dipakai sebagai dana tolong menolong di antara peserta bila terjadi musibah. Sedangkan pada asuransi konvensional pembayaran klaim diambilkan dari rekening dana perusahaan.
  6. Pada asuransi syariah, pembagian keuntungan dibagi berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah) antara perusahaan dengan peserta asuransi, sesuai dengan proporsi yang telah ditentukan. Sedangkan pada asuransi konvensional seluruh keuntungan menjadi hak milik perusahaan.
  7. Asuransi syariah mempunyai Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang betugas mengawasi pengelolaan dana investasi dan produk yang dipasarkan. Sedangkan pada asuransi konvensional tidak ditemukan Dewan Pengawas Syariah. namun setara dengan dewan komisaris dalam sebuah struktur oraganisasi perusahaan.

Nah itu dia ketujuh perbedaan antara asuransi syariah dan asuransi konvensional

Oh iya, untuk Kamu yang ingin bertanya-tanya mengenai asuransi syariah ataupun konvensional, dapat menghubungi no berikut: 0857 1923 9466

Atau klik tombol berikut untuk langsung chat:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related Posts

Leave a Comment

small_c_popup.png

Karena SEKARANG adalah Waktu Yang Tepat Menyiapkannya

Pelajari Bagaimana Menyelamatkan Masa Tua Anda Hari Ini!

Tips Investasi & Keuangan Pribadi GRATIS

Dikirim Langsung ke Email Anda