cara klaim asuransi allianz

Cara Klaim Asuransi Allianz (3 Langkah Mudah)

by al assy arry
0 comment

Cara Klaim Asuransi Allianz – Banyak yang bilang klaim asuransi itu susah dan rumit serta dipersulit oleh perusahaan asuransinya. Padahal faktanya apabila kita tahu dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk klaim asuransi, tidak ada yang sulit. Semua hanya sesuai dengan prosedur

Begitu pula di Allianz, cara klaim asuransi Allianz sudah sangat mudah dilakukan. Nah untuk Kamu yang ingin klaim, berikut cara klaim asuransi Allianz:

Cara Klaim Asuransi Allianz

1. Menyiapkan Dokumen Yang Dibutuhkan

Untuk cara klaim asuransi Allianz yang pertama, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen berikut:

  • Formulir Klaim Allianz (halaman 1) diisi lengkap dengan data Peserta dan ditandatangani oleh Peserta
  • Formulir Klaim Allianz (halaman 2) tentang Resume Medis yang diisi lengkap dan jelas serta mencantumkan : Tandatangan, nama jelas serta No Izin Praktek Dokter yang memberikan layanan kesehatan (biasanya berbentuk stempel)
  • Jika lupa membawa Formulir Resume Medis Allianz, khusus pelayanan yang bukan rawat inap Peserta dapat meminta Dokter untuk menulis Diagnosa (dan atau resume medis), tindakan dan terapi pada kuitansi dokter dan/ atau selembar kertas resep.
  • Kuitansi asli (beserta perincian biayanya) bermeterai secukupnya sesuai dengan ketentuan pemerintah (tidak berbentuk faktur, struk, invoice, nota, dll) kecuali ada catatan resmi dari institusi kesehatan tersebut: dokumen tersebut dapat berlaku sebagai kuitansi. Apabila tagihan klaim dari luar Indonesia wajib berbentuk “Tax Invoice/Official Receipt“.
  • Salinan resep
  • Salinan permintaan dari pemeriksaan penunjang diagnostik (laboratorium / rontgent / Patologi Anatomi dan lain – lain) dan salinan hasilnya.

Laporan operasi bila dilakukan tindakan operasi dan termasuk rincian biaya operasi.

2. Kirimkan Semua Dokumen ke Kantor Allianz

cara klaim asuransi allianz

Cara klaim asuransi Allianz yang berikurnya: Semua dokumen klaim yang telah lengkap harus Kamu kirimkan ke Allianz, selambat- lambatnya diterima Allianz dalam waktu 30 hari sejak tanggal pelayanan medis dilakukan.

Pengiriman bisa melalui pos ataupun bantuan dari agenmu yang masih aktif. Ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan saat mengirimkan dokumen-dokumen ini diantaranya:

  • Apabila Pemegang Polis dan/atau Peserta mengajukan dokumen klaim tidak secara lengkap sebagaimana diatur dalam butir 1 diatas, Allianz akan menganggap sebagai klaim yang belum diajukan.
  • Allianz berhak untuk mendapatkan segala keterangan / catatan medis dari Rumah Sakit dan/atau pihak lain sehubungan dengan diagnosa dan/atau pelayanan kesehatan yang diberikan kepada Peserta.
  • Apabila klaim disetujui oleh Allianz maka akan dilakukan pembayaran atas Manfaat Asuransi sesuai dengan persetujuan Allianz selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak dokumen lengkap telah diterima Allianz.
  • Apabila Pemegang Polis dan/atau Peserta maupun Dokter yang merawat memberikan diagnosa dan/atau informasi lainnya yang tidak sesuai dengan kondisi yang dialami/penyakitnya dan kemudian menggantinya setelah terjadi penolakan klaim, maka Allianz berhak untuk menolak klaim tersebut.

Apabila peserta mendapat perlindungan asuransi lain maka harus dilengkapi dengan pernyataan asuransi tersebut terhadap jumlah yang telah dibayar disertakan dengan salinan dokumen lengkap yang telah dilegalisir.

3. Proses Underwriter

Yep, jika Kamu sudah sampai pada tahap ini itu artinya yang perlu Kamu lakukan adalah menunggu kabar dari Allianz baik telfon maupun email.

Lama dari klaim ini berbeda-beda tergantung dari manfaat apa yang Kamu klaim. Untuk reimburse biaya perawatan Rumah Sakit sepengalaman Saya apabila semua dokumen sudah lengkap tidak akan lebih lama dari 2 hari.

Banyak nasabah dan client yang Saya bantu klaimnya, hari ini dokumen sampai dikantor pusat Allianz, keesokan harinya uang sudah masuk ke rekening dari nasabah Saya. Cepat dan mudah bukan.

Kesimpulan

Cara klaim asuransi Allianz cukup mudah dan tidak menyulitkan. Yang sulit adalah apabila Kamu memberikan data bohong saat mendaftar asuransi ataupun saat klaim. Karena tim legal Allianz sangat profesional dan mampu membedakan mana klaim yang palsu (fraud) maupun klaim yang asli.

Oh iya Allianz saat ini sudah menuju digitalisasi yang bahkan klaim bisa Kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi ini bernama Allianz Eazy Claim. Lengkapnya bisa Kamu pelajari disini: Allianz Eazy Claim

Dan Allianz juga sudah memiliki aplikasi yang bisa memudahkan para nasabah untuk terhubung dengan kantor pusat Allianz dan untuk klaim melalui aplikasi.

Untuk lebih lengkapnya Kamu bisa baca di artikel berikut: Allianz Eazy Connect

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Allianz?

caranya cukup mudah. Pertama, siapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk jenis klaim yang ingin diajukan. Kedua, kirimkan semua dokumen tersebut kekantor pusat Allianz. Ketiga, tunggu proses underwriting Allianz. Selesai. Mudah bukan?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related Posts

Leave a Comment

small_c_popup.png

Karena SEKARANG adalah Waktu Yang Tepat Menyiapkannya

Pelajari Bagaimana Menyelamatkan Masa Tua Anda Hari Ini!

Tips Investasi & Keuangan Pribadi GRATIS

Dikirim Langsung ke Email Anda